-->

In BPN Ramadan 2024

4 Olahraga Ringan agar Tetap Sehat saat Berpuasa

Assalamualaikum, sobat blog...

Memasuki 10 hari kedua bulan Ramadan, puasanya lancar kan?

Saat berpuasa, ternyata kita tetap dianjurkan untuk berolahraga loh. Sebab tubuh juga sedang beradaptasi dan justru dengan berolahraga kita bisa tetap mempertahankan tubuh agar tetap bugar. Seperti yang akhir-akhir ini kurasakan, bahwa jika seharian mager-mageran dengan tanpa adanya peregangan sama sekali, malah rasanya lemas. 

Olahraga saat berpuasa memang tetap dianjurkan, namun tentu saja ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan jika ingin berolahraga saat puasa yaa. Melansir dari halodoc.com, olahraga saat puasa tidak dianjurkan untuk seintens pada hari biasa. Olahraga juga harus memperhatikan waktu-waktu yang cocok, agar tubuh kita tidak dehidrasi karena berolahraga, seperti di siang bolong misalnya.

Perhatikan juga kondisi diri, jika di hari biasa durasi olahraga bisa 1 jam maka ketika berpuasa durasinya bisa dikurangi, tergantung dari kondisi tubuh ya. Disarankan berolahraga 1-2 jam jelang berbuka puasa jika memang belum terbiasa olahraga di pagi hari. Sebaiknya olahraga tetap dilakukan minimal 3x dalam seminggu. 

Berikutnya adalah menentukan jenis olahraga yang paling pas dengan kondisi tubuh saat berpuasa. Beberapa olahraga ringan yang bisa dicoba ketika berpuasa yakni:

1. Mindful Walking

Berjalan santai di sore hari bisa menjadi salah satu alternatif olahraga ringan dan menyenangkan. Bisa sekalian ngabuburit dan cuci mata kan! Jalan santai menjadi salah satu pilihan favorit bagi banyak orang, terutama bagi yang masih belum terbiasa berolahraga secara rutin. Meskipun sederhana, jalan santai dengan mindful memiliki banyak manfaat loh. Dilansir dari alodokter.com, jalan santai memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, terlebih bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, jalan santai juga dapat membantu meredakan stress, baik untuk kesehatan tulang serta meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Yoga Ringan 

Yoga saat berpuasa dianjurkan oleh para ahli karena termasuk ke dalam kategori olahraga ringan yang berfokus pada teknik pernapasan dan peregangan otot. Dengan melakukan yoga secara rutin, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat antara lain yaitu kualitas tidur meningkat, pikiran dan perasaan jauh lebih tenang serta meningkatkan stamina tubuh. Bahkan untuk pemula, yoga bisa dilakukan hanya dalam durasi 5 menit saja. Bagiku yoga ini sangat berefek baik untuk tubuhku, selain bisa rilis emosi dengan teknik sadar napas, yoga juga membuat tubuh berasa lebih ringan dan segar. Efek baiknya kayak habis dipijetin ketika badan lagi capek dan menuju ga enak badan. Yuk, coba rutin latihan yoga! Sekarang juga sudah banyak sekali saluran youtube para instruktur yoga yang membagikan ilmunya sehingga kita ikuti dan praktikkan sendiri di rumah saja. Cocok banget nih buat kaum mageran dan introvert yang enggan bertemu banyak orang.

3. Bersepeda di sore hari

Pilihan olahraga ringan selanjutnya adalah bersepeda! Bayangkan sore-sore, lagi syahdu-syahdunya di tengah situasi manusia-manusia PPT (para pencari takjil) sedang berburu takjil, kita asyik mengayuh sepeda hihi. Seru yaa, apalagi kalau bersepedanya di daerah yang sejuk nan asri, terdapat pohon dan sungai di kiri kanannya. Sayangnya yaa ngga semua orang punya akses wilayah yang ramah pesepeda yaa. Namun, bersepeda tetap bisa dilakukan dengan mengelilingi komplek perumahan misalnya. Sambil bersepeda sambil membeli takjil, atau makanan ringan untuk berbuka puasa. Sungguh nikmat! Dapat manfaat olahraganya, dapat pula oleh-olehnya.

4. Latihan Beban

Bagi beberapa orang, olahraga bersama-sama dengan orang lain mungkin bisa menambah semangat. Dengan datang ke gym misalnya, jadi lebih bersemangat untuk olahraga. Saat berpuasa, latihan angkat beban ini pun tetap dapat dilakukan, namun dengan memperhatikan hal-hal tertentu. Dengan mengurangi bebannya, durasi serta pemilihan waktunya juga. Jika dirasa tidak kuat maka kurangi beban (dumbel) yang digunakan. 

Selain memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa tentu tidak lengkap rasanya jika tidak diimbangi dengan nutrisi harian yang mencukupi kebutuhan harian tubuh yaa. Saat berpuasa pastikan diri terhidrasi dengan baik, konsumsi makanan dengan gizi seimbang serta penuhi juga kebutuhan akan waktu istirahat dan tidur. Semoga lancar puasanya yaa, semangat!

Referensi:

halodoc.com 7 Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Coba Saat Puasa diakses pada 23 Maret 2024

alodokter.com Manfaat Jalan Santai untuk Kesehatan Tubuh diakses pada 23 Maret 2024

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Matrikulasi

Powered by Blogger.