-->

In BPN Ramadan 2024

30 Daftar Menu Sahur Praktis Sat Set Andalanku

Assalamualaikum.. Holaa...

Kali ini aku ingin berbagi 30 daftar menu sahur praktis nan sat set yang bisa kuandalkan selama puasa. Sebagai ibu-ibu tentu tidak mudah yaa menentukan menu harian untuk sahur dan berbuka puasa. Belum lagi ribet belanja, persiapan dan masaknya.

Waktu sahur pun kita diharapkan untuk bangun terlebih dahulu untuk menyiapkan menu sahur, di tengah kondisi mata masih sepet kudu dibuka lebar-lebar untuk menyalakan kompor dan mengolah bahan masakan. Kalau mau masak yang ribet-ribet kok sepertinya akan menambah list beban berat di pundak, selain menambah rasa lelah lesu lunglai di dini hari hehe. Oleh karena itu diperlukan strategi dan perencanaan terbaik terkait dengan menu sahur ini.

Nah, untuk tahap awalan biasanya kita perlu membuat meal plan. Meal plan bisa untuk seminggu, 2 minggu bahkan sekaligus sebulan biar lebih santuy dan bisa lebih eksplor menu yang bervariasi. Lalu ketika sudah membuat meal plan, ada baiknya untuk melakukan food preparation, hal ini membantu buibu sekalian agar masak sahur maupun berbuka puasa jadi lebih cepat karena sudah dipersiapkan sebelumnya.

Namun pada beberapa kondisi ada sebagian buibu yang tidak bisa foodprep (kayak saya) dan ini jadinya lebih fleksibel yaa seandainya tetiba mood masak berubah, harusnya di meal plan masak A tapi suatu hari inginnya B. Jadi ngga foodwaste yaa alias wis kadung (sudah terlanjur) belanja dan food prepare tapi bahan tersebut dianggurin, sayang kaan.. 

Selanjutnya yang perlu buibu cermati adalah memastikan bahan-bahan yang akan diolah tersediaa ya.. Juga sediakan waktu yang pas sesuai kondisi masing-masing untuk memasak bahan tersebut. Jika nyaman memasak di malam hari sebelum tidur karena tidak ingin terlalu gedubrakan di dini hari yaa monggo, kalau ingin yang anget-anget baru diangkat dari kompor pun boleh. Karena judulnya menu sahur praktis jadi daftar berikut ini berdasarkan selera pribadi juga menurut percobaan yang sudah kulakukan, tidak membutuhkan effort yang terlalu besar hehehe. Tentu bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing yaa... 

1. Sayur Sop Ayam
2. Tumis Kacang Panjang
3. Pokcoy Bawang Putih
4. Ayam Teriyaki
5. Sayur Bening Sawi Putih 
6. Sop Tomat Telur
7. Tahu Telur Bumbu Pecel
8. Sayur Tahu Taoge
9. Tumis Buncis Udang
10. Beef Teriyaki
11. Tahu Tempe Orek
12. Ati Ampela Bumbu Kuning
13. Sambel Goreng Kentang Ati
14. Telor Balado
15. Cah Jamur Tiram
16. Orak arik Tahu Telor
17. Sop Telor Oyong Bihun
18. Telor Ceplok Saus Tiram
19. Ayam Kecap Mentega
20. Ayam Bumbu Kemangi
21. Capcay Sayur Ayam
22. Semur Telor Ceplok 
23. Soto Bening
24. Cumi Tepung Lada Garam
25. Udang Asam Manis
26. Cumi Asin Cabai Hijau
27. Ayam Popcorn Sambal Matah
28. Ayam Nanking
29. Sapo Tahu
30. Ayam Bumbu Wijen


Semoga membantu yaa.. Mari saling menginspirasi, siapa tahu contekan menu ini juga cocok yaa kan. Save energi untuk seabrek kegiatan lainnya selain perkara dapuuur yeay!
Love,

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Matrikulasi

Powered by Blogger.