-->

In BPN Ramadan 2024

Ngabuburit Ramadan yang Cocok buat Introvert di Rumah Aja

Hai hai.. Assalamualaikum..

Ngabuburit Ramadan identik dengan aktivitas outing pada sore hari jelang berbuka puasa sembari berburu takjil ataupun kegiatan lain yang sifatnya perlu keluar dari rumah. Nah, berhubung tenaga introvert-ku ini sering habis kalau ketemu keramaian, maka rasanya aktivitas keluar rumah tersebut kurang cocok untukku, terutama di jam-jam rawan. Rawan maceeet banget di depan komplek sini, apakah di daerah kalian juga demikian? Seru sih sebetulnya, berburu takjilnya, namun untukku pribadi lebih nyaman menunggu waktu berbuka puasa dengan aktivitas yang bisa dilakukan di rumah saja. Berikut beberapa ngabuburit seru yang bisa kamu coba ya.

sumber: canva.com
1. Mencoba resep takjil viral bersama si kecil

Hal yang pertama yang bisa dilakukan yaitu mencoba resep-resep takjil yang berseliweran di media sosial. Banyak banget resep-resep sederhana yang praktis dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Libatkan juga anak-anak agar lebih meriah suasana ngabuburit di dapurnya. 


sumber: canva.com
2. Olahraga ringan di dalam rumah

Aktivitas favoritku selanjutnya adalah olahraga ringan seperti yoga, meditasi ataupun cukup perengangan otot saja. Panduannya bisa melalui youtube channel, banyak sekali instruktur yang berkenan membagikan tips-tips gerakan yoga mulai dari yang paling basic. Ngabuburit sekalian dapet sehatnya nih.


sumber: canva.com
3. Menyimak kajian ustadz melalui youtube

Berikutnya yang bisa dilakukan yaitu menyimak kajian oleh para asatidz. Aku pribadi di Ramadan kali ini senang sekali menyimak kajian rutin dari ustadz Salim A. Fillah, yang memang disiapkan untuk Ramadan ini. Banyak juga pilihan kajian dengan berbagai tema menarik lainnya dari ustadz lainnya yang bisa dijadikan alternatif. Akan lebih baik jika bisa membuat resume kajian yang disampaikan ustadz agar kita bisa mengikat ilmu karena dituliskan.


sumber: canva.com
4. Membaca Buku bertema Islam

Demi menambah wawasan dan khazanah keilmuan jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk belajar pribadi dengan membaca buku. Selain menambah ilmu, membaca buku juga sangat membantu untuk kita menghabiskan waktu dengan produktif. Bila perlu buat catatan dan review hasil bacaan kita.


sumber: canva.com
5. Membaca Quran dan Mentadabburinya

Salah satu hal yang menurutku wajib banget dilakukan yaitu membaca Al Quran. Bulan Ramadan adalah bulan turunnya Al Quran, maka sepertinya akan rugi banget jika kita tidak memaksimalkan waktu untuk membaca terlebih mengkhatamkan Al Quran. Salah satu tambahan kegiatan yang bisa dilakukan yakni membuat jurnal tadabbur al Quran. Akupun baru mencoba untuk rutin membuat tadabbur al Quran supaya apa yang dibaca bisa diamalkan dengan baik.


sumber: canva.com
6. Membuat Jurnal

Journaling is a comfort zone for me! Aku mulai rutin membuat jurnal sejak tahun 2021. Sebetulnya kalau mau ditarik lebih jauh, yaa sebetulnya udah dari kecil rajin coret-coret di buku diary untuk sekadar curhat-curhat gajelas ala anak-anak. Tahun ini aku membuat bullet journal lagi agar lebih semangat, karena bagiku bullet journaling ini membantu sekali dalam keseharianku, baik itu untuk rilis emosi, untuk catatan harian dan sekadar berbagi kisah melalui corat-coret pribadi. Kali ini pun aku mencoba untuk membuat 2 jurnal tambahan, yakni Jurnal Doa dan Quran Jurnaling. Jurnal doa terbantu dengan adanya buku khusus jurnal doa yang kudapatkan dari komunitas The Quran Journaling. Isinya tentu untuk menuliskan doa-doa harian, ada pula petunjuk dan reminder di dalamnya, such a great book, and I love it! Jurnal lainnya yaitu Quran Jurnal, sebetulnya ini sama seperti tadabbur begitu, namun dikemas dalam bentuk yang lebih journalable, halaah oposih, yaa intinya jurnal yang membantuku untuk bisa lebih mudah melakukan tadabbur. Seru deh, yuk cobain juga!


sumber: canva.com
7. Beberes dan bersih-bersih rumah

Aktivitas domestik ini seringkali memang menguras tenaga yaa buibu. Apalagi saat berpuasa, rasanya tinggal sisa-sisa tenaga saja yang bisa digunakan untuk beberes. Namun, jangan salah, beberes jika dilakukan dengan mindful dan suka hati dampaknya juga bisa bikin kita bahagia loh! Apalagi dilakukan di sore hari jelang berbuka. Usai beberes tinggal mandi lalu bersiap untuk menyantap sajian buka deh!


sumber: canva.com
8. Membuat hand crafting bersama anak

Siapa nih yang suka crafting? Aku..... tidak terlalu suka hahah. Sebetulnya sih suka, cuma memang kemampuanku terbatas, terkendala bakat seni yang minim juga sih hehe. Namun hal tersebut tetap tak menyurutkan langkahku untuk berkreasi bersama dengan anak! Oiya, saat ini banyak sekali komunitas maupun grup temporari yang menyediakan printable ataupun ide-ide aktivitas main bersama anak! Ada yang berbayar adapula yang Free! Dan aku tentu saja dengan senang hati memanfaatkan salah satu yang gratis tadii (karena keterbatasan berkreasi hehe)..


sumber: canva.com
9. Bermain board game bersama keluarga

Anak-anak tidak akan pernah menolak 3 hal: dongeng, hadiah dan game! Setuju ngga sih? Nah, salah satu kegiatan favorit yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga saat ngabuburit di rumah yaitu bermain board game. Saat ini banyak bangeet pilihan board game seru yang bisa di beli di e-commerce maupun bikin sendiri ala-ala DIY gitu. Beberapa waktu lalu aku juga mencoba DIY ular tangga, dan anakku super excited main itu sampe gempooor hahahaha. Seruu dan ngga sadar tahu-tahu udah mau masuk maghrib! Yuk, cobain deh..


sumber: canva.com
10. Bertukar kabar dengan teman/saudara

Kegiatan selanjutnya yang bisa dicoba adalah video call dengan teman ataupun sanak saudara yang jauh. Bisa saling bertukar cerita dan berbagi live report menu berbuka puasa di masing-masing tempat. Aku juga suka melakukan ini bahkan hingga berbuka bersama melalui layar gawai. Lucu yaa...

Mana aja nih aktivitas ngabuburit ala kamu? Sharing yuk siapa tahu bisa kuadaptasi juga..

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Matrikulasi

Powered by Blogger.