-->

In BPN Ramadan 2023 momlyfe

Tips Mudik dengan Transportasi Umum bersama Balita


Tips mudik naik kendaraan umum
Assalamualaikum.. Hai mommies :)

Tak terasa ya sudah memasuki hari ke-21 Ramadan yang juga berarti lebaran makin dekat. Momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Terlebih bagi warga negeri tercinta ini ada tradisi mudik yang tentu tidak mungkin dilewatkan begitu saja. Saat-saat yang dinanti untuk bisa berkumpul dengan sanak saudara, terlebih bagi yang merantau jauh dari kampung halaman. 

Banyak pula yang sudah menyediakan budget khusus dari jauh-jauh hari untuk agenda besar tahunan ini. Sebab biasanya memang porsi libur/cuti bersama untuk momen Hari Raya Idul Fitri lebih panjang daripada hari libur lainnya. Tidak hanya umat Muslim yang memanfaatkan momen ini, bahkan banyak yang beragama lain juga turut serta dalam semarak lebaran. 

Momen yang ditunggu-tunggu ini, tentu tak terlepas dari pilihan-pilihan sarana kendaraan yang akan digunakan untuk bisa sampai ke tempat tujuan mudik. Berbagai pertimbangan dipilah dan dipilih, sebab pasti memilih yang paling nyaman dan sesuai dengan budget yang ada. Tentu berbeda antara memilih kendaraan pribadi dengan transportasi umum.

Sebagai ibu baru kala itu, tentu aku ingin sekali bisa mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi yang bisa disesuaikan dengan kondisi. Seperti kemudahan untuk berhenti di rest area untuk buang hajat misalnya. Pasalnya membawa bayi/balita tentu memiliki tantangan tersendiri. Namun lagi-lagi, karena kondisi yang ada, maka bus menjadi satu-satunya pilihan yang ada saat itu.

Jujur saja, aku pun baru berani mudik/bepergian jauh dengan membawa anak, ketika anak sudah setahun. Terlebih menggunakan kendaraan umum yaitu bus. Banyak sekali yang perlu dipersiapkan, terutama mental diri sendiri, hehehe~

Aku yang sejak kecil seringkali mabuk ketika bepergian, ini masih harus membawa bayik, tentu aku maju-mundur hingga akhirnya memutuskan menunda hingga aku merasa siap dan menyiapkan anak juga. Jadilah momen mudik yang jauh perdana adalah ketika anak berusia kurang lebih satu tahun dengan kendaraan umum.

Bersyukur sekali perjalanan itu lancar meski ada beberapa kejutan. Alhamdulillah, anakku juga tipe anak yang mudah nyaman (berbeda sekali dengan emaknya ini). Berikut akan kubagikan sedikit tips yang mungkin bisa dicoba jika mommies berencana mudik tahun ini dengan kendaraan umum dan bersama dengan anak:

1. Persiapkan diri sebaik mungkin

Yang pertama kali perlu dipersiapkan tentunya adalah mental dan fisik sebaik mungkin. Mudik dengan kendaraan umum saja sudah termasuk menantang bagi ibu-ibu rumahan (red: mageran/kaum rebahan) macam aku yaa buibu, ini apalagi ditambah dengan membawa anak bayi/balita. Tantangannya jadi double yaa tentu saja. Oleh karena itu, perlu sekali menyiapkan terutama diri sendiri sebaik mungkin. Mulailah menata mindset dan persiapan untuk berbagai kendala yang mungkin akan terjadi. Tapiii, jangan terlalu khawatir yaa, takutnya makin galau dan akhirnya mundur dan nggak jadi berangkat. Bersiap sebaik mungkin dan serahkan sisanya pada Allaah :)

2. Perhatikan kebiasaan si Kecil

Penting sekali mengenali tipe anak kita seperti apa, apakah ia mudah nyaman dengan tempat dan suasana baru? Ataukah ia anak yang agak sulit beradaptasi? Tentunya setiap ibu sudah paham anaknya seperti apa, jadi langkah berikutnya adalah mencatat dan mencari celah cara agar anak bisa dibuat nyaman. Bisa dengan sounding, mengajak ngobrol anak tentang kegiatan mudik yang akan dilakukan. Tentu bayi/balita kemungkinan besar tidak bisa merespon langsung yaaa, tapi percayalah mereka bisa menangkap maksud moms loh.

3. Siapkan "sajen" untuk anak

Sajeeen dong. Maksudnya persiapkan dengan sebaik mungkin perlengkapan si kecil yaa moms. hihihi

persiapan mudik
Perlengkapan si kecil

a. Baju-baju yang nyaman digunakan. Usahakan tidak banyak pernak-pernik aksesoris yang bisa membuat anak makin risih jika kondisi tidak kondusif. Siapkan juga baju cadangan jika diperlukan untuk ganti sewaktu di perjalanan.

b. Makanan dan mainan favorit si kecil. Agar anak tidak merasa bosan bahkan hingga rewel, jangan lupa siapkan cemilan dan mainan atau buku favoritnya. 

c. Toiletries, seperti tisu basah, tisu kering, krim atau lotion. Jangan mengganti produk-produk yang biasa digunakan si kecil dengan produk baru dulu yaa moms.

d. Yang tak kalah penting, pospak yang nyaman.

Nah, ini dia insiden kejutan saat perjalanan mudik pertama kaliku bersama anak yang belum genap satu tahun kala itu. Dia poop dong, hahahah. Alhamdulillahnya, tujuan sudah dekat, jadi aku memutuskan untuk menahan sebentar untuk mengganti popoknya. Meski begitu ada sedikit perasaan bersalah, karena waktu itu aku luput untuk mempersiapkan kemungkinan ini. Meski tak seleluasa kendaraan pribadi, tapi sebagai penumpang kita bisa loh request kepada sopir dan kru bus untuk mampir ke rest area/toilet terdekat untuk mengganti popok atau untuk buang hajat kita sendiri. 

Baiklah begitu saja sedikti tips dari aku yang sudah lebih dulu menjajal pengalaman mudik dengan kendaraan umum with baby. Semoga tips ini ada manfaatnya yaa moms, semoga rencana mudiknya juga berjalan lancar, aman dan nyaman hingga kembali lagi nantinya. Aamiin. 

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Matrikulasi

Powered by Blogger.