-->

In BPN Ramadan 2023 momlyfe

Tips Mengelola Keuangan saat Lebaran

 Assalamualaikum.. hai hai ๐Ÿ˜Š

Siapa nih yang udah terima dana pencairan THR? Saya saya! Saya yang belum pernah tau rasanya dapat THR hanya tersenyum pedih :p

Nggak apa-apa nggak punya THR, yang penting punya kamu #eeeh. Maksudku jalan rizki bisa dari mana saja, alhamdulillah meski bukan termasuk orang yang menerima THR tetap ada saja rezeki dari Allah dari arah yang tak disangka-sangka. Mungkin bagi Sebagian orang THR menjadi salah satu pos pemasukan yang sudah dinanti-nantikan yaa. Mengingat besaran biaya untuk lebaran biasanya cukup banyak. Terutama bagi para perantau yang harus mudik ke kampung halaman.

edit by me

Oleh karena tak semua orang punya jatah THR, tak sedikit pula yang mau bersusah payah terlebih dulu mengupayakan untuk memiliki THR sendiri. Caranya bagaimana? Ada yang ikut arisan khusus lebaran, jadi semacam menabung gitu, lalu bisa diambilnya menjelang lebaran. Ada yang juga begini kah moms? Biasanya di komunitas-komunitas PKK atau RT ada nih yang aktif menjadi penanggung jawabnya, tentunya ada “jasa admin” sebagai kompensasi. Ada juga yang secara mandiri menabung dan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk digunakan sebagai dana THR.

Apapun caranya, perencanaan (budgeting) anggaran untuk momen membahagiakan ini adalah hal yang patut dilakukan. Agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran apalagi sampai mengganggu stabilitas perekonomian rumah tangga di bulan-bulan selanjutnya. Aku jadi teringat pernah menuliskan di rubrik rerasan dulu tentang betapa banyak yang hanya sibuk mikirin “perayaan” daripada hal-hal mendasar seperti halnya memetik hikmah berpuasa sebulan penuh itu sendiri. Nah, sedikit mereminder diri sendiri sih sebetulnya bahwasanya “oke, mempersiapkan anggaran” itu penting, tapi yang tak kalah penting adalah pengalaman mendapat pengajaran langsung dari Allaah itulah yang paling utama.

Okee baiklah, berikut beberapa tips mengelola keuangan saat lebaran dariku. Silakan disimak dan mungkin bisa dijadikan bahan diskusi yaa ๐Ÿ˜Š

Pertama, membuat anggaran.

Membuat anggaran bisa membantu kita untuk tetap on track terhadap jumlah dana yang kita miliki serta apa saja pos-pos yang akan kita belanjakan/keluarkan. Bahasa kerennya mindful financial planning, jadi ketika membuat anggaran kita benar-benar mencatat apa saja yang harus dikeluarkan. Tentu dimulai dengan hal-hal wajib, seperti membayar zakat, ongkos mudik atau jika punya hutang bisa banget didahulukan.

Kedua, saving dari jauh hari.

Seperti kusampaikan diawal, tidak semua orang memiliki THR (yang bisa dijagakan) jadi opsi saving patut dilakukan. Sekalipun memiliki THR, tidak ada salahnya juga untuk mulai menabung dan menyimpan dana darurat khusus untuk momen lebaran ini. Sebab biasanya, seketat apapun anggaran yang kita buat karena terbawa suasana bahagia dan penuh berkah, kita jadi mudah untuk mengeluarkan pundi-pundi rupiah. Hehehe. Tidak salah, tapi juga akan mengkhawatirkan yaa jika terlalu loss doll begituu. Menabung bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti membeli unit investasi yang mudah dicairkan (pasar uang) atau sesederhana memisahkan rekening dana tabungan dengan rekening yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Ketiga, catat pengeluaran dengan detil.

Hal yang tak kalah penting adalah pencatatan ya moms! Jangan mentang-mentang merasa udah diitung dan dianggarkan, jadi byak byuk gitu aja. Pengeluaran-pengeluaran kecil yang tak tercatat inilah yang biasanya menyebabkan adanya bocor alus boen, hihihi. Udah pokoknya cateet ajaa yaa moms, kupercaya jiwa-jiwa detil emak-emak itu sudah sangat terasah.

Terakhir, jangan kalap!

Lebaran Sale, Eid Sale, bertebaran dimana-mana. Tutup mata tutup telinga dan dompet, jika dirasa kebutuhan untuk lebaran sudah cukup. Kita habis berpuasa, jadi jangan sampai mudah tergoda dengan kalimat-kalimat rayuan bertabur diskon yaa moms.

Baiklah, segitu aja cuap-cuapku malam ini seputar tips mengatur keuangan agar tidak meninggalkan jejak-jejak penyesalan :p

See you!

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Matrikulasi

Powered by Blogger.