-->

In BPN Ramadan 2024

Ide Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan bersama si Kecil


Haii.. Assalamuaaikum.
Bulan Ramadan merupakan momen spesial dimana setiap kebaikan yang kita lakukan akan mendapat pahala yang berkali lipat dari hari biasa. Sebagai seorang ibu, tentu aku juga ingin memanfaatkan momen ini untuk semakin menumbuhkan fitrah keimanan pada anak. Salah satu hal yang bisa dilakukan disamping ibadah-ibadah wajib dan sunnah yang biasa kita lakukan, tidak ada salahnya untuk mengajak serta anak berkegiatan sosial yang tujuannya tentu saja untuk kebaikan. Menjadi poin plus untuk menumbuhkan kecerdasan interpersonal anak, yakni kemampuan untuk memperlihatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar serta menumbuhkan empati anak.

Berikut beberapa ide kegiatan sosial yang bisa dicoba bersama si kecil saat bulan Ramadan ya parents.
sumber:canva.com
1. Berbuka Bersama Anak Yatim
Tahun lalu aku sempat mengikuti kegiatan ini bersama dengan anak. Acara diisi dengan kisah, mengaji bersama, membaca doa dan diakhiri dengan buka bersama. Anak-anak bisa berbaur dan bermain bersama, sangat menghangatkan hati. Semoga dengan belajar dan melihat langsung kehidupan anak-anak yatim bisa menumbuhkan empati dan rasa syukur terhadap anak. Berbagi kebahagiaan kecil ini dengan anak-anak yatim juga hal yang sangat membahagiakan bagiku, anakpun setuju dan dia sangat antusias untuk mengikuti acara serupa. Namun sayangnya tahun ini, kami tidak berkesempatan untuk ikut kegiatan seperti ini lagi.
 
sumber:canva.com
2. Membuat Takjil dan Membagikannya
Kegiatan membuat takjil bersama tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi anak, terlebih jika bisa turut serta membagi-bagikannya secara langsung kepada orang lain. Beberapa waktu lalu kami berkesempatan mendapat takjil ketika perjalanan dari sebuah acara menuju rumah. Maasyaallah senang rasanya bisa mendapat takjil yang dibagikan secara sukarela oleh orang-orang baik. Tercetuslah kata dari anak, bahwa suatu saat dia juga ingin melakukan hal yang sama: berbagi takjil itu seru.

sumber:canva.com
3. Infaq dan Kerja Bakti Membersihkan Musala/Masjid sekitar Rumah
Hal yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu berinfaq, infaq tidak selalu harus berupa uang tunai. Bisa juga dengan menyumbangkan al Quran maupun mukena dan sajadah ke musala/masjid terdekat. Ada pula kegiatan lain yang bisa dilakukan bersama anak yaitu bekerja bakti membersihkan musala sekitar rumah. Namun untuk hal ini tentu saja kita harus mendapat ijin dari pengurus musala/masjid tersebut ya agar lebih nyaman.

sumber:canva.com
4. Menyediakan Camilan untuk Jamaah yang Tadarus di Masjid/Musala
Tadarus bersama di malam hari usai tarawih menjadi salah satu ciri khas bulan Ramadan, dari kecil aku sangat senang saat bulan Ramadan salah satunya karena lantunan al Quran semakin banyak digemakan di seluruh penjuru. Alhamdulillah, betapa beruntungnya kita yang tinggal di Indonesia dimana mayoritas penduduknya beragama Islam. Ide selanjutnya yang bisa kita lakukan dengan melibatkan anak-anak adalah menyiapkan hidangan/camilan untuk para jamaah yang bertadarus di Musala. Jika biasanya untuk takjil/hidangan berbuka sudah ada anggaran ataupun sedekah tersendiri, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah hidangan untuk orang-orang yang menyempatkan diri menyemarakkan bulan Ramadan dengan tilawah al Quran melalui pelantang suara musala/masjid.

dok.pribadi
5. Berkisah dan Bermain bersama Anak-anak yang Membutuhkan
Ide selanjutnya untuk menyemarakkan Ramadan bersama anak yaitu dengan mengajaknya membuat proyek berbagi melalui berkisah dan bermain bersama dengan anak-anak lain, terlebih yang kurang mampu. Berkisah dan bermain tidak mungkin ditolak oleh anak-anak, karena memang begitulah dunia mereka. Maka jangan ragu untuk libatkan anak membuat proyek-proyek seperti ini. Terlebih jika anak termasuk tipikal anak yang suka bergaul dan cenderung suka tampil. Kita bisa meminta anak untuk menjadi pemandu acara, bahkan pengisi acara tersebut. Hal ini juga tentu sangat baik untuk melatih public speaking anak.

Jadi mana saja nih ide-ide menarik yang ingin dicoba?

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Matrikulasi

Powered by Blogger.