-->

In Buncek

Melacak Telur Merah - NHW 3 Bunda Cekatan

 Assalamualaikum.. Hellaaw.

Alhamdulillah, setelah pekan lalu berusaha melacak dan menemukan 5 telur hijau.. kali ini waktunya melacak telur merah. Telur merah yang kudapat setelah membuat daftar keterampilan dari 5 telur hijau yang kupunya. Awalnya aku pusing, kok banyak kaliii 5 bijik telur ini hihi. Namun, kata magIKA dan bu peri gapapa berpusing-pusing ria sekarang. Itu tandanya otak sedang bekerja :)

Jadi berikut daftar keterampilan dari 5 telur hijau yang kubutuhkan untuk menunjang aktivitas pada telur-telur hijauku. 

Daftar Keterampilan

Dari pencarian keterampilan-keterampilan ini, mau tidak mau aku butuh melihat kembali telur-telur hijau yang kutemukan lalu. Ternyata oh ternyata, aku merasa ada bagian yang kurang dari salah satu telurku, yaitu mengaji. Sepertinya mengaji juga diiringi dengan mengajar (dalam hal ini, masih mengajar anak sendiri) karena yaa memang dilakukan setiap hari, menurutku masih perlu juga ditingkatkan kemampuannya. 

Kelima telur hijau tersebut masing-masing membutuhkan keterampilan manajemen waktu yang baik. Sebab selama ini memang aku seringkali masih belum baik dalam pelaksanaannya karena manajemen waktu yang masih belum tertata dengan baik dan benar. 

Selanjutnya adalah memilah dan memilih beberapa keterampilan yang butuh kuboost tersebut kedalam Eisenhower Matrix yang dalam hal ini merupakan langkah penting termasuk untuk melatih mendelete hal-hal yang tidak penting dan tidak mendesak. Namun lucunya ternyata bagiku hanya ada 1 keterampilan yang tidak penting dan tidak mendesak yakni...

matrix yang kudu dibintangi olehku

Yak, keterampilan yang berkaitan dengan read aloud. Dari kecil aku amaze dan suka sekali dengan kartun dan disebaliknya barulah aku tahu bahwa ada pekerjaan bernama dubber/voice over. Aku memutuskan keterampilan untuk mengolah intonasi dan ekspresi pada aktivitas read aloud sebagai hal yang belum penting dan tidak mendesak untuk saat ini, karena yaa penikmatnya masih 1 orang saja, yakni tidak lain adalah anak sendiri hehe. Menurutku juga aktivitas read aloud kami sudah cukup menyenangkan, bahkan terkadang ia memilih audibook :p

Adapun keterampilan public speaking menempati posisi mendesak tapi belumlah sepenting itu untukku pribadi, karena kami bekerja bersama, jadi masih bisa diwakilkan oleh orang lain. Sebetulnya berkaitan dengan ini, aku kembali ke misi pelacakan telur hijau sebelumnya.. aku cenderung "tidak suka" tampil di depan umum, jadi yaa begitulah. Jika boleh memilih aku lebih suka bekerja dibalik layar, namun terkadang hal ini memang kubutuhkan agar makin berkembang jadi lebih baik.

Keterampilan di matriks penting tapi tidak mendesak berkaitan dengan aktivitas mengaji dan mengajar. Sebab menurutku masih bisa dijadwalkan sembari terus berlatih dan bisa jadi mengikuti pelatihan khusus untuk mengajarkan mengaji dalam beberapa waktu kedepannya nanti, insyaallah. 

Adapun keterampilan penting-mendesak bagiku ada empat untuk saat ini, termasuk time management yang sudah kusebutkan tadi. Meal planning sebagai keterampilan yang harus kukembangkan untuk saat ini, terutama untuk merencanakan masakan sehat simpel untuk keluarga. Apalagi saat ini, suamiku sedang berdiet demi hidup lebih sehat (karena memang dia sudah masuk dalam kategori obesitas). Semoga dengan niat ini, aku bisa mendukung niat baik suami agar kami sekeluarga dapat hidup lebih sehat bersama.

Selanjutnya, Budgeting keterampilan yang kubutuhkan saat ini karena penting sekali bagiku untuk lebih sat set membuat perencanaan anggaran khususnya untuk memasak, agar memasak jadi lebih mudah hemat dan sehat. Anger Management juga termasuk dalam matriks penting-mendesak, berkaitan dengan aktivitas mengaji dan mengajar tadi, sebab anak semakin besar dan punya tantangan tersendiri. Aku ingin proses belajar kami tetap menyenangkan dan tanpa lonjakan emosi yang mengerikan ahaha. Terkadang emosi ini ikut naik turun karena anak yang masih suka "belajar" dengan caranya sendiri. 

Jadi berikut 3 telur merah yang kupilih dari 4 keterampilan dari matriks penting-mendesak, sebab time management sebetulnya sudah berusaha dilakukan namun belum sempurna. Jadi memang perlu ditingkatkan saja. Untuk 3 telur merah ini yang menurutku sangat penting dan perlu kukembangkan dengan baik untuk saat ini :)


See you :)


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment

Search This Blog

Matrikulasi

Powered by Blogger.